Unforgettable Hotel Buku ke 5 Karya Dicky Sumarsono, Mentransformasi Guess Experience

Founder & CEO Azana Hotels & Resorts Dicky Sumarsono saat launching buku Unforgettable Hotel, Kamis (1/2). RMOL Jateng
Founder & CEO Azana Hotels & Resorts Dicky Sumarsono saat launching buku Unforgettable Hotel, Kamis (1/2). RMOL Jateng

Founder & CEO Azana Hotels & Resorts Dicky Sumarsono kembali membagikan ilmu tentang bisnis perhotelan bidang sangat dikuasai dengan meluncurkan buku ke-5 berjudul 'Unforgetable Hotel'.


"Buku Unforgettable Hotel dengan mentransformasi pengalaman tamu untuk keuntungan berlipat ganda, adalah buku saya yang kelima yg diterbitkan oleh Gramedia tentang bisnis hotel, yang kali ini saya tulis untuk membantu para pebisnis hotel, yang ingin meraih keuntungan berlipat melalui customer experience," ungkap Dicky di Gedung Azana Solo, Kamis (1/2).

Isi buku Unforgettable Hotel ini menyangkut pentingnya pengalaman dan contoh penerapan termasuk berupa contoh kasus layak diperhitungkan dan kalau perlu ditiru.

"Saya sangat menyadari, bahwa kita tidak bisa hanya mengandalkan kekuatan sales & marketing saja untuk mendapatkan occupancy dan revenue yang tinggi, tapi harus ada tambahan yang paling penting yang jarang diperhatikan oleh Pebisnis Hotel secara serius, yaitu customer experience secara total," imbuhnya.

Dalam hal ini Dicky juga menulis sangat detail tentang mendesain aktivitas bisnis hotel yanuntuk memberikan nilai tertinggi kepada semua tamu. 

Dicky menyampaikan, sebelum tahun 2020, pengunjung memilih menginap di hotel karena alasan lokasi, fasilitas, brand, makanan enak, kebersihan hotel, pelayanan memuaskan dan harga. Namun, tahun 2024 ini orang memilih hotel sebagai tempat menginap antara lain karena alasan, yakni review rating recommendation, FOMO, kemampuan hotel membangun motivasi customer dan lainnya. 

"Kita harus sadari bahwa ada point tentang customer experience, maka mau tidak mau, siap tidak siap, suka tidak suka, hotel wajib memberikan guest experience yang benar-benar tidak terlupakan yang terus membekas sampai ke hati dan pikiran," imbuhnya.

Seperti halnya Azana Hotels & Resorts saat ini mengelola 80 hotel di seluruh Indonesia, juga telah menerapkan customer experience program. Program tersebut mewajibkan kepada seluruh GM dan timnya untuk memberikan produk, layanan, dan program kepada semua customer. Mulai dari tamu check in hingga check out agar mereka merasa sangat nyaman dan mendapatkan pengalaman berbeda tidak mereka dapatkan di hotel lain.

"Azana Hotels & Resorts pun terus berinvestasi dalam hal aset digital/ platform digital, seperti Azana Priority untuk loyalty membership, Azanahotel.com untuk website, dan mobile booking apps Azana Hotel yang secara garis besar kepentingannya untuk mempermudah, mempercepat, dan memberikan pengalaman baru kepada semua customer, dengan mempertimbangkan pengalaman memukau," pungkas Dicky.