Sidak Pasca Libur Lebaran, Mbak Ita: Pelayanan Masyarakat Harus Tetap Siap Meski Acara Padat!

Wali Kota Semarang, Mbak Ita, Lakukan Tinjauan Di Kantor-Kantor Pemerintah Dan Kelurahan Setelah Beroperasi Lagi Usai Libur Lebaran. Dicky A Wijaya/RMOLJateng
Wali Kota Semarang, Mbak Ita, Lakukan Tinjauan Di Kantor-Kantor Pemerintah Dan Kelurahan Setelah Beroperasi Lagi Usai Libur Lebaran. Dicky A Wijaya/RMOLJateng

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu lakukan tinjauan inspeksi mendadak atau sidak ke kantor-kantor pemerintahan dan kelurahan di beberapa kecamatan, setelah libur Lebaran. 


Saat lakukan tinjauan Mbak Ita menemukan pelayanan warga di kantor pemerintah ternyata belum berjalan normal. Wali Kota Semarang itu pun langsung berikan teguran tegas kepada para pegawai, bahkan ada di salah satu kantor kelurahan lurahnya tidak di kantor karena beralasan sedang hadiri halalbihalal. 

"Saya melakukan tinjauan tetapi tanpa memberitahukan terlebih dahulu. Jadi akhirnya bisa menemukan kantor-kantor pemerintah, kelurahan yang belum maksimal pemeliharaannya. Termasuk pelayanan bagi warga. Seperti di salah satu kelurahan. Ternyata ibu lurahnya tidak di kantor. Padahal, banyak warga mungkin butuh pelayanan untuk berkas dan lain-lain," ucap Mbak Ita. 

Atas temuan sidaknya itu, Mbak Ita menyesalkan kesiapan pegawai pelayanan publik di kantor pemerintah karena tidak bisa berkomitmen dalam berikan pelayanan terbaik ke masyarakat. Padahal, antrean warga setelah Lebaran juga penuh. 

"Lha jam segini kok nggak ada orang? Lha pelayanan piye? Silaturahmi mbok ya waktu libur. Beberapa puskesmas pagi saat itu belum ada petugas jaga padahal masyarakat sudah beberapa orang antre. Akhirnya antrean tidak tertib. Yang daftar 250 orang jam 11, seharusnya Kepala Puskesmas komunikasi ke Dinas Kesehatan (DKK) Kota Semarang untuk menambah fasilitas bagi masyarakat antre seperti menambah kursi dan sebagainya, karena mereka itu orang sakit," tegas Mbak Ita.