Polres Karanganyar Raih Penghargaan Dari PEKPPP Instansional Tahun 2023

Polres Karanganyar Menerima Penghargaan Kategori Pelayanan Prima Hasil Dari PEKPPP Instansional Tahun 2023/Istimewa
Polres Karanganyar Menerima Penghargaan Kategori Pelayanan Prima Hasil Dari PEKPPP Instansional Tahun 2023/Istimewa

Terus meningkatkan kualitas pelayanan publik, Polres Karanganyar telah memulai serangkaian langkah strategis. Pelayanan publik tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan yang cepat, transparan, dan profesional. 


Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kapoles Karanganyar, AKBP Jerrold HY Kumontoy, kepada sejumlah awak media, Kamis (11/07) sore. 

Pihaknya melakukan evaluasi menyeluruh terhadap proses pelayanan yang ada. Baik Pelayanan SIM (SATPAS) dan Pelayanan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian). 

"Kami mengidentifikasi beberapa area yang memerlukan perbaikan, seperti waktu respon, aksesibilitas informasi, interaksi dengan masyarakat, antrian panjang, waktu tunggu yang lama, dan kurangnya informasi yang jelas,” terangnya. 

“Dengan dukungan penuh dari pimpinan, kami membentuk tim khusus untuk merancang dan mengimplementasikan berbagai inovasi pelayanan,” tambahnya lagi.

"Dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk mempercepat proses administrasi dan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses layanan," papar Kapolres yang hobi olahraga lari dan sepeda ini  

Selanjutnya juga mengembangkan aplikasi dan platform online untuk berbagai keperluan, mulai dari pengaduan, permohonan informasi, hingga pengurusan dokumen. 

"Termasuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan berkelanjutan, fokus pada etika pelayanan dan kemampuan komunikasi," lanjutnya. 

Inovasi utama yang diterapkan adalah digitalisasi proses pelayanan. Dengan mengembangkan sistem pendaftaran dan pengajuan SIM dan SKCK secara online. 

Dimana masyarakat bisa mengajukan permohonan dan mengunggah dokumen secara daring. Sistem ini tidak hanya mengurangi waktu tunggu dan antrian di kantor polisi, tetapi juga memberikan kemudahan akses bagi masyarakat yang berada di lokasi jauh. 

"Inovasi lainnya adalah Latar Jelita (Layanan Antar Jemput Disabilitas) SATPAS dan SKCK Deliveri pada Pelayanan SKCK," lanjutnya. 

Pemantauan dan evaluasi terus dilakukan untuk memastikan setiap unit layanan beroperasi dengan efisien dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat secara langsung.

"Salah satunya dengan melakukan inspeksi mendadak kebagian unit layanan termasuk Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (SATPAS) dan SKCK," imbuhnya.

Hasilnya adalah berbagai penghargaan dan apresiasi dari masyarakat, serta peningkatan signifikan dalam indeks kepuasan publik diraih Polres Karanganyar.

"Puncaknya, kami berhasil meraih peringkat pelayanan publik tingkat Mabes, sebuah pengakuan atas dedikasi dan kerja keras seluruh tim," tandasnya. 

Penghargaan diberikan pada Selasa (09/07) lalu di Astor Ballrooom The St. Regis Jakarta, Polres Karanganyar meraih penghargaan untuk  kategori Pelayanan Prima hasil Pemantauan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) Instansional Tahun 2023.

"Ini terus menjadi motivasi untuk terus berinovasi dan menjaga standar tinggi dalam pelayanan publik, agar kami dapat terus memberikan yang terbaik untuk masyarakat," pungkas Kapolres.