KPU Gelar Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Di Batang

Rapat Pleno Rekapitulasi KPU Batang Pada Rabu (28/02). Foto: Bakti Buwono/RMOLJateng
Rapat Pleno Rekapitulasi KPU Batang Pada Rabu (28/02). Foto: Bakti Buwono/RMOLJateng

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batang menyelenggarakan rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan perolehan suara dalam Pemilu 2024 tingkat Kabupaten.


Rapat Pleno dihadiri saksi-saksi dari partai politik peserta Pemilu 2024, serta diawasi oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Batang. 

Dipimpin langsung oleh Ketua KPU Batang, Susanto Waluyo, yang didampingi oleh empat anggota komisioner lainnya Rapat Pleno ini berlangsung pada Rabu (28/02) pagi.

"Kami bersyukur bahwa Pemilu 2024 di Kabupaten Batang berjalan dengan aman, tertib, dan jujur. Ini berkat kerjasama dan dukungan dari semua pihak, mulai dari Pemerintah Kabupaten Batang, Polres Batang, Kodim 0736 Batang, Bawaslu Batang, media massa, dan tentu saja masyarakat Batang yang menggunakan hak pilihnya dengan cerdas," kata Susanto di Gedung Guru.

Ia menjelaskan, Rapat Pleno terbuka ini merupakan tahapan akhir dari proses rekapitulasi suara Pemilu 2024 di Kabupaten Batang, yang sebelumnya telah dilakukan di tingkat kecamatan. 

Rapat Pleno dilakukan secara terbuka dan transparan, sehingga dapat diakses dan disaksikan oleh siapa saja, termasuk melalui siaran langsung media sosial KPU Batang yakni YouTube KPU Batang.

"Kami berkomitmen untuk menjaga integritas dan kredibilitas KPU Batang sebagai penyelenggara Pemilu 2024. Kami menghargai hak setiap peserta pemilu untuk menyampaikan keberatan atau sanggahan jika ada kesalahan atau kecurangan dalam perhitungan suara. Kami akan menindaklanjuti setiap laporan yang masuk sesuai dengan aturan yang berlaku," ujarnya.

Rapat Pleno ini diatur sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan diwajibkan dihadiri oleh Bawaslu, saksi peserta pemilu, dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). 

Tambahan pula, Rapat Pleno ini juga dapat dihadiri oleh media massa dan masyarakat umum yang berminat.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki yang diwakili oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batang Ulul Azmi mengapresiasi kinerja KPU Batang dalam menyelenggarakan Pemilu 2024. 

Ia mengatakan rekapitulasi suara Pemilu 2024 di Kabupaten Batang dilakukan dengan transparan dan terbuka.

"Kami mengimbau kepada semua pihak untuk menerima hasil rekapitulasi suara Pemilu 2024 di Kabupaten Batang dengan legowo dan sportif. Mari kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia di tengah perbedaan pilihan politik," ucapnya.