KAI Daop 4 Berhasil Layani 329 Ribu Penumpang Selama Masa Angkutan Lebaran 2022

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang berhasil melayani 329.444 penumpang pada masa angkutan Lebaran 2022.


Selama 22 hari masa angkutan Lebaran 2022, Daop 4 Semarang melayani 306.862 penumpang kereta api jarak jauh atau sebanyak 97 persen dari total kapasitas tempat duduk yang disediakan dan sebanyak 22.582 penumpang kereta api lokal.

Jumlah ini mencapai 119 persen jika dibandingkan dengan program yang telah ditetapkan sebanyak 277.433 penumpang. 

Jumlah tersebut juga mencapai 62 persen jika dibandingkan dengan total pelanggan pada Angkutan Lebaran sebelum pandemi, yaitu 2019, sebanyak 530.127 penumpang.

EVP KAI Daop 4 Semarang, Wisnu Pramudyo mengatakan selama Angkutan Lebaran 2022, di wilayah Daop 4 Semarang terdapat total 1.694 perjalanan kereta api  atau rata-rata 77 kereta per hari dengan ketepatan waktu mencapai 99 persen.

Puncak arus mudik, lanjutnya, terjadi pada Selasa (3/5) atau hari kedua lebaran sebanyak 21.685 penumpang. Sementara puncak arus balik terjadi pada Minggu (8/5) sebanyak 24.656 penumpang. 

Rute favorit pelanggan yakni Semarang - Jakarta pp, Semarang - Surabaya pp, Semarang - Bandung pp, dan lainnya. 

Sedang untuk pembelian tiket KA pada periode Angkutan Lebaran ini didominasi melalui aplikasi KAI Access sebesar 49 persen kemudian channel eksternal 38 persen.

“Banyaknya pelanggan pada Angkutan Lebaran 2022 ini merupakan capaian yang luar biasa. Angka tersebut juga sudah mendekati pencapaian volume pelanggan di tahun 2019, sehingga kita mempunyai optimisme untuk mengoptimalkan pelayanan di tahun 2022 ini,” jelas Wisnu, Minggu (15/5).

Pada penyelenggaraan Angkutan Lebaran ini, Wisnu menyebut jika KAI tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. 

Pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan ditolak untuk berangkat dan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya. 

Selama periode Angkutan Lebaran, sebanyak 89 pelanggan ditolak keberangkatannya karena belum divaksin, sakit, reaktif, dan tidak melengkapi persyaratan.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada pelanggan KAI atas kepercayaannya menggunakan KA sebagai moda transportasi pilihan untuk mudik/balik Lebaran tahun ini dengan selamat, aman, nyaman, dan sehat. Tak lupa kepada pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Pemerintah Daerah, TNI, Polri, serta anggota komunitas pecinta KA, dan seluruh pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu-persatu yang telah mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan angkutan Lebaran 2022,” tandasnya.