Dampak banjir besar yang melanda kota Semarang mengharuskan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) IV Semarang membatalkan perjalanan beberapa rute Kereta Api (KA) serta mengadakan rekayasa penanganan bencana ini. PT KAI memberikan pemutakhiran untuk mempermudah mendapatkan penggantian, service recovery serta menerima informasi terbaru dalam hal rute perjalanan.
- Selamatkan Pengunjung Terserat Ombak Di Pantai Ketawang, 4 Pemancing Dapat Penghargaan Dari DPC PKB Purworejo
- Momen Haru Pertemuan Kembali Antara Keluarga Dan Kucing Peliharaan Yang Tertinggal Di Rest Area
- Niat Nyampah Dari Jembatan, Malah Nyemplung Setelah Kaget Diklakson
Baca Juga
Pemutakhiran yang diberikan oleh pihak Hubungan Masyarakat PT KAI Daop IV adalah sebagai berikut:
Pembatalan:
- KA Ambarawa Ekspres relasi Semarang Poncol-Surabaya, Pasarturi,
- KA Blora Jaya relasi Cepu-Semarang Poncol,
- KA Kedungsepur relasi Semarang Poncol-Ngrombo, dan
- KA Banyubiru relasi Semarang Tawang Bank Jateng-Solo, Solobalapan.
"KAI mohon maaf atas pembatalan KA-KA tersebut. Bagi para calon penumpang yang telah memiliki tiket bisa mengembalikan di Loket Stasiun. Dan bea akan dikembalikan 100% di luar bea pesan" kata Manager Humas Daop IV Semarang, Franoto Wibowo.
Berikut adalah cara mendapatkan bea pengembalian:
- Pembatalan dapat dilakukan hingga 7 (tujuh hari) setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket.
- Untuk syarat dan detail ketentuan selengkapnya, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.
KAI juga melakukan rekayasa pola operasi jalan memutar atau pemindahan jalur bagi 14 KA. KA yang biasanya melintas di Jalur Utara dipindahkan ke Jalur Selatan di antaranya:
- KA Pandalungan sebanyak 2 KA,
- KA Argo Bromo anggrek sebanyak 2 KA,
- KA Majapahit sebanyak 2 KA,
- KA Brawijaya, KA Sembrani, KA Kertajaya sebanyak 2 KA ,
- KA Harina, KA Darmawangsa, KA Gumarang, KA Jayabaya.
"Rekayasa pola operasi jalan memutar bagi KA tersebut untuk mengurangi dampak kelambatan lebih tinggi lagi," lanjut Franoto.
Bagi penumpang yang terdampak oleh rekayasa operasi KA yang mengalami kelambatan tinggi akibat banjir tersebut, KAI memberikan service recovery (SR) kepada penumpang yang terdampak.
"Service Recovery atau SR yang diberikan kepada penumpang yang terdampak yaitu berupa minuman, makanan ringan dan makanan berat " kata Franoto.
Untuk menangani banjir di wilayah Daop IV Semarang, PT KAI mengerahkan ratusan petugas dan menyiapkan material yang diperlukan agar perjalanan KA kembali normal secepatnya.
- Wonogiri: Rencanakan Pendirian Kopdes Merah Putih Bertahap Sesuai Kesiapan Desa
- Catatan Duet Ahmad Luthfi – Taj Yasin Memimpin Jateng (1)
- Wagub Jateng Ingin Ada Tambahan Ekstrakurikuler Keagamaan Di Sekolah