Dalam upaya mendukung perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Sawah Besar, mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Semarang mengadakan Workshop Digital Marketing mengenai pemanfaatan media sosial dalam penjualan bagi pelaku UMKM.
- Tujuh Finalis Investment Challenge Dipromosikan dalam KERIS Jateng
- Habis Gelap Terbitlah Terang di Rumah Orang Pinggiran
- SIG Tingkatkan Talenta-Talenta Digital Lewat Pembelajaran Menggunakan Platform Digital dan Beasiswa
Baca Juga
Ketua Panitia Mahasiswa Ilmu Komunikasi USM, Muhammad Faishal mengatakan, kegiatan yang diikuti 25 pelaku UMKM itu bertujuan memberikan pemahaman dan dukungan bagi UMKM agar dapat memanfaatkan media sosial dengan optimal dalam memasarkan produk.
"Kami menyampaikan pentingnya memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran yang efektif dan efisien bagi UMKM. Kami memberikan berbagai strategi dan tips dalam memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk UMKM," kata Muhammad Faishal dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/4/2023).
Dia berharap, dengan menghidupkan kembali UMKM di Kelurahan Sawah Besar yang sempat menurun, penyuluhan tersebut dapat membantu para pengusaha UMKM.
"Pemasaran melalui media sosial sangat diperlukan, terlebih di era serba digital saat ini memiliki dampak terhadap perkembangan ekonomi masyarakat," ujarnya.
Menurutnya, dalam sosialisasi Digital Marketing tersebut, pemateri memberikan panduan cara memaksimalkan penggunaan Marketplace di Facebook, cara mengambil video sederhana dengan menggunakan handphone, serta penulisan caption yang menarik bagi konsumen.
"Beberapa pengusaha UMKM di Kelurahan Sawah Besar terlihat sangat antusias akan materi yang dipaparkan. Hal itu terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan terkait strategi konten dan penulisan caption yang baik di media sosial," ungkapnya.
Dia mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat membantu UMKM di Kelurahan Sawah Besar untuk meningkatkan penjualan melalui media sosial, dan menjadi contoh bagi mahasiswa dan masyarakat untuk lebih peduli dan berkontribusi dalam mendukung UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi.
"Kami berharap, dari penyuluhan Digital Marketing ini memberikan perubahan yang positif dalam penjualan produk bagi UMKM di wilayah Kelurahan Sawah Besar," tandasnya.
- Kebakaran Berhasil Ditangani, Operasional Kilang Cilacap dan Pasokan BBM Tetap Normal
- Perkuat Industri Hijau, SG Gunakan 100% Purified Gypsum Dalam Proses Produksi Semen
- SBS 2024 Kembali Bagikan 10 Ribu Paket Sembako Di Benteng Vastenberg Solo