Beri Layanan Maksimal pada Masyarakat, Polres Wonogiri Raih Penghargaan

Istimewa
Istimewa

Ombudsman Republik Indonesia Jawa tengah (Jateng) memberikan penghargaan kepada 10 Polres di Jateng atas predikat Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik atau Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Upacara penyerahannya penghargaan digelar bersamaan dengan acara peresmian Sistem Penyelenggaraan Administrasi SIM (Satpas) Prototype Polres Salatiga, di halaman Kantor Sat Lantas Polres Salatiga, pada Kamis (16/1).

Siti Farida, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jawa Tengah yang menyerahkan penghargaan kepada para pemenang menyampaikan bahwa penghargaan ini diberikan untuk mengapresiasi kinerja kepolisian dalam memberikan pelayanan kepada Masyarakat. 

“Secara umum telah melakukan pelayanan dengan baik hanya perlu ditingkatkan karena kepolisian adalah instansi yang langsung berhubungan dengan Masyarakat,” kata Farida, kemarin.

Dipaparkan Farida, penilaian diambil dari metode pendekatan kuantitatif melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara kepada pelaksana layanan, wawancara pengguna layanan, observasi ketampakan fisik atau tangible, dan pembuktian dokumen pendukung standar pelayanan.

Berdasarkan penilaian tersebut, Polres Wonogiri mendapatkan nilai 96,71, dan meraih Opini Kualitas Tertinggi dan Tinggi atau Zona Hijau. Nilai tersebut juga menempatkan Polres Wonogiri sebagai juara lima dari satker se-Polda Jateng.

Sedangkan Juara pertama dengan nilai 97,52 diraih oleh Polres Karanganyar, disusul oleh Polres Sukoharjo sebagai juara kedua dengan nilai 96,98, kemudian juara ketiga diraih oleh Polres Pekalongan Kota dengan nilai 96,78, berikutnya Polresta Surakarta sebagai juara ke 4 dengan nilai 96,76. 

Setelah Polres Wonogiri di urutan ke-5, selanjutnya Polres Kudus, Polres Magelang Kota, Polrs Cilacap, Polres Purworejo di urutan ke-6,7,8, 9 dan diurutan ke-10 diraih oleh Polres Semarang.

Sementara, Irjen Pol. Ribut Hari Wibowo, Kapolda Jawa Tengah meminta kepada selluruh Kapolres untuk aktif berkomunikasi dengan Ombudsman untuk mengtaasi kendala dalam rangka meningkatkan pelayanan.

Kapolda juga menekankan pentingnya profesionalitas dalam melayani agar masyarakat dapat menikmati pelayanan yang lebih cepat, mudah dan berkualitas.

Sementara itu, AKBP Jarot Sungkowo, Kapolres Wonogiri, melalui AKP Anom Prabowo, Kasi Humas, mengatakan bahwa penghargaan tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh anggota. Sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Kita patut berbangga, karena masih mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat sehingga mendapatkan penghargaan peringkat lima besar di tingkat Polda Jateng,” tegas Kapolres sebagaimana disampaikan Anom.

Terkait pencapaian prestasi ini, Polres Wonogiri menyampaikan salam hormat dan terima kasih kepada semua pihak. Termasuk warga masyarakat yang sudah berperan aktif memberikan sumbang saran dan kritikannya demi mewujudkan kinerja yang baik.