PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang menerima penghargaan prestisius level dunia di bidang kebandarudaraan Airport Service Quality Awards (ASQ Awards).
- Bandara A. Yani Gelar Table Top dan Modular Exercise Penanggulangan Keadaan Darurat
- PPKM Darurat, Pergerakan Penumpang Dan Pesawat Turun 89,5 Persen Di Bandara A Yani Semarang
Baca Juga
Penghargaan tersebut diselenggarakan oleh Airport Council International (ACI), sedangkan Bandara Ahmad Yani menerima penghargaan "Best Airports in Asia Pacific by Size: 2-5 Million Passengers per Year".
General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Hardi Ariyanto mengtaakan penghargaan tersebut telah diumumkan oleh Airport Council International (ACI) pada bulan Maret lalu, namun saat ini baru dilakukan penyerahan penghargaan secara virtual.
Penyerahan penghargaan tersebut disaksikan oleh beberapa pejabat serta karyawan PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jendral Ahmad Yani.
Hardi mengakui jika penghargaan tersebut adalah wujud apresiasi dan pengakuan dari komunitas penerbangan internasional serta menjadi bentuk capaian atas kerja keras semua pihak dalam menjaga keandalan layanan di bandara.
"Meskipun berada dalam tekanan pandemi global yang sulit ini, kami senantiasa berupaya untuk tetap memberikan layanan prima kepada seluruh pengguna jasa bandara, serta disesuaikan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat dan konsisten. Aspek keselamatan, keamanan, dan kesehatan juga dituntut untuk dapat berjalanan beriringan dengan aspek kenyamanan. Meskipun tantangan ini cukup sulit, kami senantiasa berupaya untuk mewujudkan aspek-aspek ini sehingga tetap berjalan dengan baik," kata Hardi melalui siaran persnya, Selasa (14/9).
ASQ Awards merupakan satu-satunya program benchmarking pengukuran tingkat kepuasan penumpang di bandara dunia yang dilakukan oleh ACI, organisasi kebandarudaraan dunia yang berbasis di Montreal, Kanada. Pada penyelenggaraan kali ini, sebanyak 108 penghargaan telah dimenangkan oleh 89 bandara.
"Mewakili Manajemen, izinkan saya untuk menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh Insan Angkasa Pura I dan para stakeholder terkait lainnya atas kerja keras dan pengorbanan selama ini, terlebih di masa pandemi yang sulit ini. Semoga penghargaan ini dapat menjadi sumber penyemangat bagi kita semua untuk dapat selalu memberikan yang terbaik bagi perusahaan dan pengguna jasa bandara," ungkapnya.
Dikutip dari rilis resmi, Direktur Jenderal ACI World Luis Felipe de Oliveira menyatakan pentingnya suara konsumen dalam industri penerbangan.
"Di tengah tahun yang paling menantang dalam sejarah industri kita semua, penghargaan ASQ Awards ini diberikan kepada bandara yang memberikan prioritas untuk mendengarkan dan menanggapi suara konsumen, ini tidak pernah lebih penting lagi," ujarnya.
Penghargaan ini dinilainya sebagai cambuk semangat melayani penumpang meski diterpa badai pandemi dengan segala keterbatasan dan juga perlakuan khusus yang diterapkan pihak bandara kepada penumpang.
Meski belum 100 persen berjalan normal, bahkan untuk penerbangan luar pun juga masih ditutup, Hardi berharap Bandara Ahmad Yani akan tetap bisa melayani penumpang di masa new normal.
"Kami senantiasa mendengarkan suara konsumen, baik itu berupa kritik, saran, dan masukan. Hal tersebut kami tujukan guna meningkatkan standar kualitas layanan atau level of service, serta untuk dapat memberikan pengalaman pengguna atau customer experience yang tak terlupakan ketika berada di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani," tutup Hardi.
- Wali Kota Semarang Sekolah Tidak Perlu Pembayaran dari Pemerintah
- Ini Program Penanganan Stunting Pemkot Semarang
- Sempat Diburon, Komplotan Penipu Berhasil Ditangkap Polres Boyolali