Arus Wisatawan Padati Jateng dan DIY saat Libur Nataru, Indosat Layani Puncak Lonjakan Trafik Data Hingga 11 Persen

Pimpinan dan karyawan Indosat Ooredoo Hutchison Region Central & West Java berfoto bersama usai penyerahan bingkisan Natal kepada anak-anak panti asuhan Salib Putih, Salatiga.
Pimpinan dan karyawan Indosat Ooredoo Hutchison Region Central & West Java berfoto bersama usai penyerahan bingkisan Natal kepada anak-anak panti asuhan Salib Putih, Salatiga.

Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) memberikan pengalaman yang mengesankan atau marvelous experience dengan menjaga performa jaringannya di momen spesial perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Didukung oleh 40 ribu BTS 4G, pada sepanjang periode liburan akhir tahun 2023, Indosat berhasil mencatatkan kenaikan trafik data harian tertinggi sebesar 11 persen di Jawa Tengah dan Yogyakarta dibanding rata-rata periode hari normal.


SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison Steve Saerang menjelaskan, kepercayaan dari 100 juta pelanggan Indosat Ooredoo Hutchison merupakan bagian terpenting bagi Indosat, khususnya di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. 

"Sejalan dengan upaya menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia, kami berhasil memenuhi tingginya kebutuhan digital pelanggan selama masa liburan akhir tahun ini. Hal ini tak lepas dari dedikasi penuh seluruh tim Indosat dan mitra di lapangan dalam memastikan tersedianya layanan telekomunikasi yang optimal, sehingga pelanggan dapat melewatkan momen spesial bersama keluarga dan orang tercinta,” ungkap Steve Saerang, dalam keterangan pers,  Sabtu (6/1).

Steve menambahkan, Indosat mencatatkan peningkatan trafik data tertinggi pada tanggal 26 Desember 2023 sebesar 11,9% untuk area Jawa Tengah Bagian Selatan dan 9,8% untuk area Jawa Tengah Bagian Utara dibandingkan dengan rata-rata periode hari normal. 

"Peningkatan trafik data yang signifikan di masa liburan akhir tahun terlihat di beberapa kabupaten seperti Wonogiri, Gunungkidul, Purworejo, Grobogan, hingga Kebumen yang notabene memiliki berbagai destinasi wisata yang diminati oleh masyarakat," ujarnya. 

Pada malam pergantian tahun, lanjut Steve,  platform digital mulai dari Tiktok, Youtube, Facebook, WhatsApp, hingga Instagram secara berturut-turut berkontribusi besar terhadap melonjaknya konsumsi data pelanggan Indosat. Peningkatan permainan game online juga ikut memengaruhi seperti Mobile Legends, Roblox, Call of Duty, Genshin Impact, dan PUBG yang memicu kenaikan trafik data.

Hal serupa juga ditemui pada platform digital Indosat, myIM3 dan bima+, di mana terjadi peningkatan aktivitas pengguna sebesar hampir 1 juta pelanggan secara nasional dibandingkan rata-rata periode hari normal. Hal tesebut dipicu oleh pembelian paket layanan dan juga akses ke layanan on-demand. 

Dalam memenuhi lonjakan trafik data tersebut, Indosat telah meningkatkan konektivitas jaringannya di Jawa Tengah dan Yogyakarta secara proaktif dengan melakukan optimasi serta peningkatan kapasitas di 94 Point of Interest (POI). Indosat juga telah menggelar uji coba jaringan di jalur dan wilayah yang diprediksi akan mengalami peningkatan perjalanan selama liburan, seperti ruas tol Trans Jawa, bandar udara, stasiun kereta api, destinasi wisata, hingga tempat ibadah.

Hasil optimalisasi dan peningkatan kapasitas jaringan ini secara terus menerus dimonitor oleh Command Center 24/7 yang berpusat di Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC). Command Center fisik terpusat ini didukung oleh teknologi Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi agar dapat memantau ketersediaan dan kualitas jaringan, termasuk mengatasi tantangan dan keluhan yang muncul untuk menjaga kenyamanan pelanggan menggunakan layanan Indosat. 

Pusat pelayanan pelanggan Indosat melalui brand IM3, Tri, dan Indosat HiFi juga turut disiagakan. Berbagai penawaran khusus dapat dinikmati pelanggan dengan mengakses www.im3.id/tahunbaru, www.bima.tri.co.id, dan www.hifi.ioh.co.id. Tak hanya itu, pelanggan juga dapat mengunjungi gerai IM3, 3Store, serta menghubungi layanan pelanggan melalui saluran resmi official WhatsApp untuk IM3 (08551000185) dan Tri (08999800123), aplikasi myIM3 dan bima+, Twitter (@IndosatCare dan @3CareIndonesia), serta email ([email protected] dan [email protected].) untuk mendapatkan dukungan penyelesaian atas kendala yang dialami pelanggan selama menikmati liburan bersama keluarga dan orang tercinta. 

Berbagi Kebahagiaan bersama Anak Panti Asuhan 

Selain memastikan kualitas layanan dan jaringan terbaik, komitmen Indosat menghadirkan kehangatan dan kebahagiaan bagi masyarakat juga terus berlanjut dirasakan oleh lebih dari 2.500 anak yatim di seluruh Indonesia. Kesempatan penuh kasih untuk berbagi merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) di pilar Filantropi. Mengusung tema ‘Indosat Berbagi Kebaikan: Tebarkan Lebih Banyak Senyum Kebaikan’ , Salatiga menjadi kota yang menjadi sasaran Indosat setelah sebelumnya kegiatan CSR serupa dilakukan di Manado, Medan, Kupang, Ambon, dan Jayapura.

Swandi Tjia - Head of Region Central & West Java Indosat Ooredoo Hutchison (kiri) saat menyerahkan bingkisan Natal berupa tas dan peralatan sekolah kepada anak-anak panti asuhan Salib Putih di Salatiga, pada Jumat (5/1).

“Hal ini menjadi momentum yang tepat bagi Indosat dalam menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia. Memastikan konektivitas dan berbagi dengan mereka yang membutuhkan, menegaskan konsistensi kehadiran Indosat sebagai bagian tak terlepaskan dari kehidupan masyarakat di Indonesia”, kata Steve. 

Erwin, Penanggung Jawab Panti Asuhan Salib Putih Salatiga, menyambut baik kedatangan Indosat, “Panti ini sudah berdiri sejak tahun 1902 dan merupakan salah satu panti tertua di Salatiga. Saat ini kami mengasuh 30 anak, mulai dari tingkat SD hingga perguruan tinggi. Saya dan anak-anak tentunya sangat senang dengan inisiatif dari Indosat yang juga mendukung kami untuk terus berkarya dan mengejar cita-cita di tengah segala keterbatasan yang ada. Meskipun momen Natal telah lewat, semoga damai kasih Natal tetap bersemayam di hati kita semua," pungkasnya.